Senin, 16 Mei 2011

ANALISIS GERAK MELEMPAR BOLA SOFTBALL/BASEBALL

LEMPAR BOLA SOFTBALL SEJAUH-JAUHNYA

1) Urutan geraknya:

Sikap Awalan

· Posisi siap, kaki kaki kiri didepan kaki kanan.

· Bola diletakkan pada ujung pangkal jari-jari tangan kanan, (pegangan bola dengan tiga jari tengah, ibu jari dan kelingking sebagai penahan). Kemudian angkat lengan kanan ke atas samping kanan sampai batas maksimal kelenturan sendi bahu. Pada posisi ini lengan kiri posisinya masih tetap disamping kiri tubuh dan tidak melakukan gerakan apapun

Pelaksanaan

· Gerakan atau ayunkan kaki kanan kedepan sampai posisi kedua kaki menyilang. Pada saat mengayunkan kaki kanan ini sendi lutut dari kaki kanan agak ditekuk sedikit, bersamaan gerak ayunan ini gerakkan lengan kiri bagian bawah ke atas sampai didepan dada dengan sendi siku ditekuk, kemudian gerakkan atau putarkan dada dan bahu kebelakang sehingga posisi badan agak condong kebelakang, gerakan memutar dada kebelakang ini tidak dilakukan secara maksimal kebelakang. Gerakan ini disebut langkah satu atau step 1 (satu).

· Langkah kedua (step 2) gerakan atau ayunkan kaki kiri kesamping kiri kaki kanan, dengan melewati bagian belakang kaki kanan. Bersamaan dengan ayunan kaki ini putarkan dada dan bahu ke belakang bawah secara maksimal dan sendi lutut kaki kanan ditekuk sedikit sehingga tumit kaki kiri agak terangkat, dengan posisi tangan kiri tetap berada di depan dada. Gerakan ini menyebabkan otot perut bagian samping teregang, otot pectoralis mayor teregang, dan juga otot pada tungkai kiri teregang.

Sikap Akhir
· Langkah ketiga (step 3). Gerakan atau ayunkan kaki kanan ke depan samping kiri kaki kiri dengan melewati bagian depan kaki kiri, sehingga posisi kedua kaki menyerong kekanan,kemudian gerakan panggul ke depan, pinggang kedepan, dada kedepan, bahu kedepan, kemudian gerakan selanjutnya adalah gerakan lengan atas ke depan dan lengan bawah kedepan atas disusul gerakan sendi pergelangan tangan sehingga bola meluncur di jari-jari tangan, kemudian setelah sampai pada ujung jari tangan, lecutkan jari-jari tangan pada posisi lengan lurus di depan atas kepala dan kemudian bola lepas dari tangan dengan sudut 450.



2) Segmen dan sendi yang terlibat

Segmen yg terlibat adalah segmen telapak kaki, segmen tungkai bawah, segmen tunkai atas, segmen tubuh atas, segmen lengan atas, segmen lengan bawah, dan telapak tangan.

Sendi yang terlibat adalah sendi pergelangan kaki, sendi lutut, sendi panggul, sendi bahu, sendi siku, dan sendi pergelangan tangan.


3) Otot yang terlibat

Otot yang terlibat adalah otot gastrocnemeus, hamstring, quadrisep, otot perut bagian samping (obligue eksternal), pectoralis mayor, trapezeus, deltoid, bisep, trisep, otot-otot lengan bawah (flexor dan extensor, dan otot-otot telapak tangan).

1 komentar:

  1. Untuk kamu yang tertarik bermain game SPORTSBOOK kini bisa kamu mainkan di Agen ZEUSBOLA dengan Daftarkan ID Login.

    ZEUSBOLA merupakan SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA yang menyediakan berbagai macam permainan yang salah satunya adalah SPORTSBOOK!!

    Pelayanan dan Sistem :
    => 100% Member Vs Member
    => Pelayanan DP & WD 24 jam
    => Bisa Dimainkan Di Hp Android Maupun Iphone
    => Dilayani Dengan 6 Bank Terbaik
    => Kartu Bagus, Boleh Banding !! Service Boleh TANDING.. !!

    TERSEDIA DEPOSIT VIA PULSA ( XL , AXIS & TELKOMSEL )

    TERSEDIA DEPOSIT VIA OVO, LINK AJA, GO-PAY, JENIUS dan DANA.

    UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI:
    WHATSAPP : +62 822-7710-4607

    #ZEUSBOLA #AGENZEUSBOLA #BANDARZEUSBOLA #JUDIONLINETERBAIK #POKERONLINETERBAIK #SPORTSBOOK #BONUSMENARIK #JUDIONLINETERPERCAYA #SITUSJUDITERBAIK #SITUSJUDITERPERCAYA #BANDARJUDITERBAIK #AGENJUDITERBAIK

    BalasHapus