Games Performance Assesment Instrument (GPAI)
Penilaian untuk mengetahui tingkat
keterampilan bermain bolavoli kelas olahraga di sekolah dengan Lembar Pengamatan Games Performance Assesment Instrument (GPAI). Beberapa Komponen dan kriteria dalam metode GPAI antara
lain:
a.
Rules
Rules
yaitu bagaimana pemain menerapkan aturan permainan. Menerapkan peraturan permainan yang akan dimainkan
menjadi kunci dalam permainan bolavoli. Seorang pemain harus paham dengan
aturan permainan. Sebab peraturan permainan memberikan bentuk pada permainan.
Selain itu aturan yang ada juga akan memberikan batasan waktu dan ruang. Contohnya
seperti : Dimana pemain tidak menyentuh bola berturut-turut,
Pemain melakukan rotasi ketika mendapatkan point, dsb. seorang
pemain dapat menerapkan peraturan permainan dengan baik jalannya permainan pun
akan berjalan dengan baik pula.
b.
Decision Making
Decision Making yaitu
bagaimana pemain dapat membuat keputusan servis,
passing, dan spike yang tepat
pada bola. Pengambilan keputusan dengan
bagaimana membaca/melihat lawan, merespon bola yang datang, melakukan teknik
apa yang harus dilakukan untuk bertahan ataupun menyerang dan bagaimana
mengembalikan bola untuk mendapatkan skor. Mengambil keputusan dalam sebuah permainan pada
dasarnya terikat oleh waktu. Para pemain yang handal hanya membutuhkan beberapa
detik saja untuk mengambil keputusan, mereka juga tidak lagi membedakan antara
“apa?” dan “bagaimana?”nya. Sehingga memungkinkan pemain mengenali maupun
menghubungkan kekurangan dalam pengambilan keputusan. Untuk memutuskan apa yang
seharusnya dilakukan di setiap situasi harus dinilai dan selanjutnya kemampuan
memprediksikan hasil-hasil yang akan terjadi, demikian juga antisipasi dari
berbagai macam hal. Contohnya adalah saat lawan melakukan spike apa yang harus
dilakukan pemain depan melakukan bendungan bola atau bersiap menerima tipuan.
Sedangkan keputusan mengenai apa cara terbaik melakukannya dan pemilihan respon
yang tepat masih menjadi hal penting dalam permainan bolavoli. Permainan
bolavoli merupakan permainan rally
sehingga keputusan harus diambil beberapa detik saja. Sebagai contoh saat mau
menyeberangkan bola ke lapangan lawan bila berhadapan dengan block dari pemain lawan apa yang akan
dilakukan, bisa memukul bola (spike)
atau melakukan tipuan.
c.
Skill
Execution
Skill
execution disini digunakan untuk
mendeskripsikan hasil dari gerakan yang diperlukan dimana seorang pemain dapat
melakukan rangkaian gerakan teknik dengan baik. Hal tersebut dipandang sebagai
sesuatu yang terpisah dengan “performance”. Misalnya, seorang siswa melakukan
spike bola open. Penilaian skill
execution melihat dari pergerakan seseorang dari teknik dasar yang ada
dilihat dari sikap permulaan, sikap perkenaan dan sikap akhirnya.
d.
Cover
Cover yaitu
bagaimana pemain dapat menyediakan sikap bertahan untuk menutup serangan lawan
dengan tepat. Dimana pemain
yang tidak melakukan bendungan bola
(block)
dan bertugas menutup daerah kosong di sekitar bendungan. Seorang pemain bertahan dapat menjaga pertahanan daerah
sendiri terhadap serangan dari lawan. Oleh karena itu cover merupakan sikap
bertahan agar lawan tidak mudah menyerang dan mendapatkan poin. Contohnya: Saat
teman gagal melakukan bendungan dari smash/spike
lawan siap melakukan cover, atau teman yang gagal melakukan smash
karena dibendung/diblock oleh lawan siap
untuk melakukan cover, dan
sebagainya.
e.
Adjust
Adjust yaitu
bagaimana pemain dapat mengubah formasi dari menyerang dan bertahan begitu sebaliknya. Bagaimana pemain
dapat melakukan serangan untuk mendapat skor dan bagaimana pemain dapat
bertahan agar lawan tidak mendapatkan skor. Saat melakukan serangan contohnya:
saat pemain melakukan spike dan
mematikan di area atau daerah kosong lawan, sedangkan melakukan bertahan saat
lawan melakukan spike siap melakukan
bendungan bola (block) dan apabila
bola lolos siap melakukan cover.
Contoh lain saat lawan melakukan servis
keras siap bergerak dan menerima (receive)
dengan baik dan diberikan ke pengumpan untuk melakukan serangan balik dengan smash keras ataupun smash tipuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar