Minggu, 21 November 2010

MANFAAT JALAN KAKI

Berjalan kaki adalah olahraga bermutu yang teraman, terbaik dan termurah. Mengapa demikian ?

• Pertama, olah raga ini tidak harus memiliki jadwal yang rutin sehingga dapat dilakukan kapan saja pada waktu senggang yang sempit sekalipun da hampir semua cuaca. Olah raga ini adalah olah raga termudah.
• Kedua, hampir bebas cedera dan tidak terlalu berat sehingga Anda harus terengah-engah kehabisan nafas. Berjalan sangatlah baik khususnya jika Anda bertubuh sangat gemuk.
• Ketiga, walaupun pergerakkannya sangat sederhana, berjalan kaki menggunakan hampir semua tulang dan semua otot tubuh. Hal ini bermanfaat sekali untuk memperlancar peredaran darah.
• Keempat, penelitian menunjukkan bahwa berjalan santaipun akan dapat mencegah penyakit jantung. Berjalan kaki dapat mencegah tekanan darah tinggi dengan memperbesar atau membuka pembuluh darah. Disamping itu berjalan kaki dapat menolong tubuh mengatur agar terdapat lebih banyak jenis kolesterol yang baik daripada yang tidak baik, sebab kolesterol yang tidak baik itulah yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, jalan kaki juga membuat jantung tidak terbebani oleh ”ledakan-ledakan” rangsangan untuk bekerja keras seperti yang terjadi ketika kita berolah raga keras seperti lari cepat, badminton, tenis dan sejenisnya.
• Kelima, olah raga berjalan kaki dapat menghilangkan lemak yang tidak diinginkan seperti pada pinggul, paha, bokong, dan perut, terutama pada wanita.
• Keenam, berjalan kaki menyegarkan pikiran. Dapat menurunkan amarah serta menghilangkan stres, mengobati depresi dan dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak. Sehingga membuat Anda dapat hidup lebih bersemangat, dan tentunya Anda akan merasa dan kelihatan lebih muda dari umur Anda.
• Ketujuh, olah raga jalan kaki adalah yang teraman dan paling efisien bagi semua usia, termasuk bagi mereka yang berusia lanjut sekalipun.

Jika Anda ingin hidup lebih lama dengan kesehatan yang prima, jadikanlah berjalan cepat sebagai kebiasaan Anda setiap hari, sebagaimana pentingnya kebiasaan makan dan tidur kebiasaan (Dr.Alexander Leaf). Lalu Bagaimanakah cara berolah raga jalan kaki yang baik ?

Untuk itu Anda dapat memilih satu diantara empat jenis olah raga jalan, yaitu : Jalan santai : olah raga jalan yang paling lambat dengan kecepatan kurang lebih 1,5 km per jam. Walaupun kelihatannya sangat ringan, akan tetapi hal ini termasuk olah raga karena menggunakan otot-otot tubuh secara terus-menerus, yang dapat memperlancar peredaran darah. Walaupun demikian, jangan jadikan ini satu-satunya olah raga. Jalan normal : Kecepatannya rata-rata 4,5 km per jam. Sama dengan jalan santai, keuntungannya dapat ditingkatkan dengan melakukannya lebih lama secara kumulatif. Contohnya : Berjalanlah sebelum dan sesudah makan walaupun hanya seperempat jam saja. Jalan cepat (aerobik) : Sangat berguna untuk mengolah ragakan jantung dan paru-paru karena menuntut denyut jantung serta pernafasan cepat. Idealnya, untuk keefektifannya dapat dilakukan dengan kecepatan 6-7,5 km per jam atau lebih, dan mencapai denyutan nadi sebesar 70-85% dari denyutan nadi maksimum (220 dikurangi umur anda), lalu mempertahankannya demikian selama paling sedikit 20 menit. Ukurlah denyut nadi Anda setelah berjalan paling sedikitnya 10 menit, dan hitunglah selama 10 detik pertama lalu kalikan dengan 6 untuk mendapatkan ukuran denyut nadi permenit. Jalan kaki jarak jauh (hiking) : Dengan pesiapan fisik atau mental yang tepat dan matang, hiking dapat menjadi olah raga yang menyenangkan tanpa resiko cedera berat. Yang diperlukan hanyalah pakaian olah raga, sepatu yang pantas dan enak dipakai, serta ransel untuk membawa makanan dan minuman. Disamping menikmati alam yang menyenangkan, hiking bermanfaat pula untuk menurunkan berat badan. Olah raga jalan cepat sangat sederhana, tetapi manfaatnya luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar