Sabtu, 20 November 2010

Perhatian dan Konsentrasi dalam Olahraga

Semua orang mengetahui seberapa penting “Daya Konsentrasi Dan Tingkat Perhatian”. Yang sangat diperlukan dalam mendukung aktivitas sehari-hari agar tujuannya bisa dicapai dengan sukses. Apakah dia pelajar, karyawan, usahawan, atau atlet atau bahkan seorang ibu rumah tangga. Daya konsentrasinya akan menentukan tingkat kesuksesan yang bisa dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Dengan “daya konsentrasi dan perhatian” yang baik, tugas menjadi mudah. Bisa terencana dan diselesaikan dengan baik. Dan tentu saja kesempatan mendapatkan kesuksesan di hari-hari berikutnya semakin besar.

Atensi atau perhatian adalah pemrosesan secara sadar sejumlah kecil informasi dari sejumlah besar informasi yang tersedia. Informasi didapatkan dari penginderaan, ingatan maupun proses kognitif lainnya. Proses atensi membantu efisiensi penggunaan sumberdaya mental yang terbatas yang kemudian akan membantu kecepatan reaksi terhadap rangsang tertentu.

Konsentrasi merupakan suatu keadaan dimana kesadaran seseorang tertuju kepada suatu obyek tertentu dalam waktu tertentu. Dalam olahraga, masalah yang paling sering timbul akibat terganggunya konsentrasi adalah berkurangnya akurasi lemparan, pukulan, tendangan, atau tembakan sehingga tidak mengenai sasaran. Akibat lebih lanjut jika akurasi berkurang adalah strategi yang sudah dipersiapkan menjadi tidak jalan sehingga atlet akhirnya kebingungan, tidak tahu harus bermain bagaimana dan pasti kepercayaan dirinya pun akan berkurang. Selain itu, hilangnya konsentrasi saat melakukan aktivitas olahraga dapat pula menyebabkan terjadinya cedera. Tujuan daripada latihan konsentrasi adalah agar si atlet dapat memusatkan perhatian atau pikirannya terhadap sesuatu yang ia lakukan tanpa terpengaruh oleh pikiran atau hal-hal lain yang terjadi di sekitarnya. Pemusatan perhatian tersebut juga harus dapat berlangsung dalam waktu yang dibutuhkan. Agar didapatkan hasil yang maksimal, latihan konsentrasi ini biasanya baru dilakukan jika si atlet sudah menguasai latihan relaksasi. Salah satu bentuk latihan konsentrasi adalah dengan memfokuskan perhatian kepada suatu benda tertentu (misalnya: nyala lilin; jarum detik; bola atau alat yang digunakan dalam olahraganya).


Sumber :

http://diradja.wordpress.com/2009/09/01/meningkatkan-konsentrasi-dan-perhatian-kunci-sukses/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar